Pentingnya Inspeksi Scaffolding oleh Inspector Scafollder dalam Konstruksi Bangunan

Scaffolding termasuk dalam kategori alat berat dengan risiko bahaya yang tak bisa dianggap enteng. Perusahaan dengan service sewa scaffolding biasanya memiliki tim yang mengerjakan hingga mengawasi penggunaan scaffolding dalam konstruksi bangunan.

Tim disebut dengan scaffolder. Merupakan pekerja yang membuat bangunan konstruksi sementara (scaffolding) untuk menyangga manusia dan material sehingga mempercepat pekerjaan bangunan tinggi atau jembatan. Biasanya, tim scaffolder terdiri dari Inspector Scaffolder, Supervisor Scaffolder, Foreman Scaffolder, Skill Scaffolder, dan Helper Scaffolder.

Menjadi tim scaffolder tak semudah yang dibayangkan. Mereka harus mengikuti pelatihan sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. PER. 01/MEN/1980 tentang Keselamatan & Kesehatan Kerja pada Konstruksi Bangunan. Peserta pelatihan atau calon tim scaffolder diharapkan mengetahui peraturan keselamatan kerja, mampu merangkai, menghitung kebutuhan scaffolding, dan keahlian lain terkait dengan penggunaan scaffolding.

Seorang Inspector Scaffolder menentukan tugas kepadan anggota timnya. Tak hanya itu, mereka bertanggung jawab dalam pembangunan platform, memastikan scaffolding dicek secara tepat, kokoh, dan memadai. Inspector juga memastikan jika perancah tak menyebabkan cedera dan memenuhi peralatan pendukung lainnya aman digunakan sesuai dengan standardisasi.

 

Inspeksi Scaffolding

Saat menggunakan scaffolding, tim akan melakukan inspeksi yang dilakukan oleh Inspector Scafollder. Hal ini bertujuan untuk memastikan jika pembangunan berjalan dengan aman dan scaffolding dirawat sesuai dengan kondisinya. Ada beberapa tahapan inspeksi scaffolding.

  • Inspeksi Awal

Scaffolding diinspeksi oleh Qualified Assessor atau Inspector yang bertujuan untuk mengecek kondisi. Label hijau (scafftag) harus dipasang sebagai penanda jika scaffolding telah memenuhi standard. Sementara label merah berati scaffolding tak memenuhi standard.

  • Inspeksi Harian

Secara berkala setiap harinya Inspector akan mengecek scaffolding sebelum dan sesudah penggunaan untuk memastikan perancah aman digunakan.

  • Inspeksi Mingguan

Inspector juga akan menginspeksi scaffolding mingguan untuk memastikan penggunaan telah memenuhi persyaratan. Hasil inspeksi ditulis di balik scafftag.

  • Inspeksi Khusus

Inspeksi khusus dilakukan dalam kondisi tertentu. Misalnya saja setiap scaffolding dilakukan modifikasi, terjadi bencana alam yang berdampak pada stabilitas dan kekuatan scaffolding, dan tujuan-tujuan tertentu selama sifatnya memastikan kondisi sesuai dengan persyaratan.