Penggunaan scaffolding sangat diperlukan ketika membuat bangunan baru guna memudahkan para pekerja bangunan bekerja dari lantai ke lantai. Scaffolding atau biasa yang disebut perancah ini terbuat dari logam pipa atau kayu yang diletakkan di atas permukaan tanah. Untuk menggunakan scaffolding bisa dirakit dengan tangan sendiri jika bangunan yang Anda kerjakan tidak memiliki tinggi lebih dari 2 lantai. Sementara sewa scaffolding menjadi solusi untuk memudahkan Anda membuat bangunan lebih dari dua lantai. Jika Anda ingin merangkai scaffolding sendiri, berikut cara memasang scaffolding dengan tepat dan aman.

Merancang dan Memasang Scaffolding dengan Benar

Berlakukan Sistem K3 pada Pekerjaan Anda

Keamanan saat melakukan pekerjaan merupakan hal yang utama untuk dipersiapkan. Jika Anda baru pertama kali merangkai scaffolding, pastikan untuk menggunakan penutup kepala, menggunakan pakaian yang tepat, menggunakan sepatu antilicin, dan selalu berhati-hati terhadap setiap tindakan yang diambil.

Memasangnya dari Tingkatan Pertama

Saat memulai perencanaan pertama kali, pasanglah scaffolding dimulai dari tingkatan yang paling bawah (utama) agar Anda mudah untuk melanjutkan tingkat selanjutnya. Membangun tingkatan utama pada steger bisa dilakukan seorang diri, jika Anda merasa tidak cukup mampu untuk membangunnya, pakailah tenaga profesional sebelum ada hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA: Cara Hitung Kebutuhan Scaffolding dalam Konstruksi Bangunan

Pemasangan Menggunakan Alat Bantu

Alat bantu perlu digunakan guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, misalnya Anda melakukan pekerjaan tersebut dibantu oleh orang lain, lalu saat scaffolding ditingkatkan di atas gunakan juga alat bantu seperti tali tambang agar aman bagi para pekerja yang lain.

Memasang Pipa Penunjang Scaffolding

Pipa penunjang ini biasanya sudah diberikan oleh agen scaffolding yang berguna untuk mengikat steger di bangunan. Pemasangan pipa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, gunakan pipa yang sama dari awal hingga akhir pengerjaan. Kedua, perhatikan selalu bagian dari scaffolding, karena jika kurang terawat dan terlihat ada yang mulai keropos, harus cepat diganti dengan yang baru. Ketiga, gunakan pondasi yang kuat untuk meletakkan steger agar mencegah scaffolding patah atau ambruk.

Untuk menghemat biaya yang dikeluarkan, bisa juga Anda melakukan rental scaffolding agar lebih terjamin dan sangat efisiensi. Tetap perhatikan keselamatan dalam bekerja agar meminimalisasi hal yang tidak diinginkan.