sewa scaffolding

Sewa scaffolding kerap menjadi pilihan saat akan melakukan pekerjaan konstruksi. Sebagai struktur sementara yang kerap digunakan untuk menyangga manusia dan material sekaligus akses para pekerja, scaffolding penting digunakan. Bukan hanya demi keselamatan, scaffolding membatu pekerjaan jadi lebih mudah sehingga target waktu yang sudah ditentukan bisa tercapai.

Jika akan menggunakan scaffolding untuk pertama kali, scaffolding yang kerap disebut steger sebaiknya terbuat dari pipa besi sehingga mampu menopang beban berat meskipun banyak pula scaffolding yang terbuat dari bahan lain, seperti bambu. Selain itu, pilih scaffolding yang mudah dirakit dan dipindahkan. Hal ini akan lebih menghemat waktu kontraktor dan para pekerja.

Anda sedang mencari scaffolding? Kami telah merangkum beberapa hal penting tentang scaffolding yang harus Anda simak di bawah ini.

Bagian-bagian Scaffolding

Scaffolding terdiri dari beberapa bagian dengan fungsi yang berbeda-beda.

Baseplate Main frame Clamp
Standard Transom Ledger
Working platform Handrail dan Toe boards
  • Baseplate. Berbahan baja yang digunakan untuk menahan pipa dan tempat duduk scaffolding agar tetap stabil.
  • Main frame. Rangka utama yang terdiri dari beberapa ukuran dan berfungsi sebagai tubuh scaffolding.
  • Clamp. Terdiri dari 2 jenis, Swivel Clamp dan Fixed Clamp digunakan untuk menyambung pipa agar terkunci rapat.
  • Standard. Dikenal dengan tiang tegak (vertikal) yang membagi seluruh beban di tanah dan dipasangkan dengan baseplate.
  • Transom. Bagian horizontal scaffolding yang mengikat Standard pada sudut siku untuk membuat scaffolding lebih kuat.
  • Ledger. Sebuah pipa mendatar yang menjadi penghubung Standard dan penopang Transom.
  • Working platform. Terbuat dari kayu atau deck yang berfungsi sebagai pijakan para pekerja.
  • Handrail dan Toe boards. Sama-sama berfungsi sebagai pengaman para pekerja. Handrail berfungsi untuk pengaman samping, sedangkan Guardrail menjadi penahan kaki agar pekerja tidak jatuh.

Menggunakan Scaffolding

Scaffolding berkaitan erat dengan keselamatan. Untuk itu menggunakannya tak bisa sembarangan. Jika Anda memutuskan untuk sewa di rental scaffolding, pilihlah yang terbaik dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan mengingat scaffolding terdiri dari beberapa tipe.

Sebelum menggunakan scaffolding, pastikan jika diletakkan pada pondasi yang kuat dan rata sehingga mampu menopang beban berat di atasnya. Pastikan juga jika material bersih dan jauh dari bahan-bahan yang licin, seperti oli, minyak, dan bahan lain yang bisa membahayakan saat digunakan.  Hindari menggunakan bagian-bagain scaffolding dari beberapa produsen mengingat bahan yang digunakan kemungkinan berbeda. Dan yang pasti dan penting, ganti bagian scaffolding yang telah rusak demi keamanan para pekerja.