Mengenal Jenis Homelift dan Cara MemilihnyaHome lift bukan sekadar trend, tetapi kebutuhan. Terlebih lagi bagi anggota keluarga yang sudah berumur atau memiliki masalah kesehatan yang membuat mereka tak bisa naik turun tangga terus-menerus.

Terdapat banyak jenis homelift saat ini. Kebanyakan sistem penggeraknya menggunakan motor traction yang lebih mudah digunakan, aman, dan relatif cepat. Jika Anda berencana membuat lift di rumah, ada tiga hal yang harus diketahui terlebih dahulu.

Memilih sesuai dengan kebutuhan

Memilih homelift memang sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran. Bahkan banyak model homelift yang disesuaikan dengan desain rumah Anda. Jika memilih homelift, pastikan terdapat fitur standard, seperti alarm darurat, pintu swing manual, emergency light, telepon, door interlock, speed governor, lampu otomatis off, dan lainnya.

Faktor Memilih Homelift

Tak sedikit produsen yang menawarkan homelift, makanya Anda harus pintar memilih. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi pertimbangan memilih homelift yang tepat. Salah satunya adalah kapasitas homelift. Desain, kecepatan, lokasi kontrol, cara beroperasi, harga, dan jaminan keamanan adalah faktor lain yang harus dipertimbangkan.

Jenis-jenis Homelift

Bingung memilih homelift yang tepat? Setidaknya homelift memiliki 3 jenis, seperti.

  1. Hidrolik. Jenis lift yang membutuhkan ruangan yang luas di dalam rumah Anda. Jika menggunkan jenis lift ini, Anda juga membutuhkan ruang mesin untuk install beberapa mesin serta peralatan agar lift bekerja. Jenis ini akan lebih cocok digunakan saat Anda baru ingin membangun rumah.
  2. Traction Elevator. Dikenal juga dengan machine room. Sesuai dengan namanya, jenis lift ini tidak membutuhkan ruang mesin terpisah. Bekerja dengan cara naik turun pada track yang tersedia. Nah, menggunakan traction elevator juga membutuhkan ruangan cukup lebar, khususnya di bagian atas lift untuk meletakkan mesin penggerak.
  3. Pneumatic Elevator. Jenis lift ini bisa dibilang yang terbaru. Terbuat dari tabung polycarbonate raksasa yang tabung dalamnya terpisah dengan tabung luar. Diameternya 37 inchi yang bisa dipasang tanpa harus membangun ruang mesin terpisah. Pneumatic elevator menjadi solusi jika ruamah Anda tak memiliki space yang luas atau tak mau renovasi besar-besaran.